Mengatasi Masalah Cashflow dengan Invoice Financing
rexy 1 Comment

Mengatasi Masalah Cashflow dengan Invoice Financing

Rate this post

Mengatasi masalah Cashflow dengan Invoice Financing tidak asing kita dengar. Banyak tantangan yang harus dihadapi para pebisnis, terutama dalam fase pertumbuhan, salah satu tantangan terbesar itu adalah pengelolaan cash flow. Permasalahan ini sering terjadi saat omset menurun atau saat banyaknya pelanggan yang tidak melunasi utang piutang. 

Permasalahan keuangan ini sangat berdampak signifikan terhadap keberlangsungan bisnis jangka panjang. Keuangan yang tidak stabil akan menurunkan omset dan kepercayaan pelanggan juga akan berkurang.

Permasalahan tersebut harus segera diatasi, salah satu solusinya  yaitu dengan menggunakan layanan invoice financing. Layanan ini dapat membantu pebisnis dalam mengatasi permasalahan keuangan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap utang yang belum dibayar pelanggan ataupun memikirkan dana untuk operasional perusahaan.

Anda bisa mendapatkan dana yang cepat tanpa proses peminjaman di bank, sehingga anda dapat mengembangkan bisnis dengan dana tersebut. Berikut pembahasan tentang mengatasi masalah Cashflow dengan Invoice Financing :

 

Apa itu Invoice Financing?

Invoice financing merupakan peminjaman modal kepada pebisnis dengan menggunakan faktur sebagai jaminan. Pebisnis dapat mencairkan faktur mereka kepada perusahaan pembiayaan dengan harga diskon, dan mendapatkan uang tunai dari pencairan faktur tersebut. 

Dana yang Anda dapatkan melalui layanan ini dapat digunakan langsung untuk operasional perusahaan. Sehingga anda tidak terkendala dana dalam menjalankan proyek selanjutnya.

Permasalahan yang sering terjadi pada suatu perusahaan yaitu ketika customer terlambat melunasi fakturnya, sementara Anda membutuhkan biaya untuk melanjutkan bisnisnya.

Dengan layanan ini, perusahaan pembiayaan akan menanggung risiko pembayaran faktur dan mereka yang akan mengumpulkan langsung pembayaran dari pelanggan bisnis. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi memikirkan faktur yang tidak segera dilunasi pelanggan.

Baca juga : Memahami Dasar-dasar Keuangan untuk Non-Finance

 

Keuntungan Invoice Financing

 

1. Mendapatkan dana tunai segera

Pebisnis bisa mendapatkan tambahan dana secara tunai dan membantu mengatasi masalah cash flow. Sehingga pebisnis tidak perlu menunggu pelanggan membayar faktur mereka untuk mendapatkan dana tunai.

Dana tunai ini bisa didapatkan dengan mudah tanpa prosedur yang panjang. Dana ini nantinya juga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

2. Mengurangi risiko keuangan

Risiko keuangan yang dihadapi pebisnis dapat dikurangi melalui layanan invoice financing. Anda tidak perlu lagi khawatir terkait pelanggan yang tidak membayar faktur. 

Kemudian Anda juga tidak perlu khawatir terkait tersendatnya dana untuk operasional perusahaan. Layanan ini sangat membantu permasalahan keuangan yang sedang Anda hadapi.

Tidak hanya itu, perusahaan pembiayaan tersebut akan menanggung risiko pembayaran faktur. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kegagalan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. 

Baca juga : Finance for Non-Finance: Konsep Dasar dan Pentingnya Memahami Keuangan

3. Mempercepat pengumpulan piutang

Perusahaan pembiayaan yang meminjamkan modal melalui invoice financing memiliki tim yang mempunyai manajemen yang bagus dalam mengumpulkan pembayaran pelanggan bisnis. Anda tidak perlu takut terhadap hutang faktur pelanggan yang belum lunas, karena layanan ini akan menanggung hutang piutang pada faktur tersebut.

Dengan tim yang profesional,  layanan ini dapat mempercepat  pengumpulan utang piutang dan mempercepat aliran kas bisnis Anda.

 

4. Meningkatkan likuiditas

Layanan invoice financing ini  juga dapat meningkatkan likuiditas bisnis. Layanan ini dapat membantu anda melunasi kewajiban terhadap karyawan maupun pembiayaan operasional lainnya. Karena dengan layanan ini Anda dapat mengkonversi faktur yang belum dilunasi pelanggan menjadi dana tunai. 

Dana tersebut dapat digunakan untuk operasional perusahaan seperti membayar tagihan, membeli persediaan dan lainnya. Sehingga anda dapat menjaga likuiditas bisnis dengan baik.

 

5. Memperluas kredit dan pertumbuhan bisnis

Layanan ini dapat membantu bisnis memperluas kredit dan pertumbuhan dengan mendapatkan dana tunai. Sehingga pebisnis dapat membayar tagihan tepat waktu dan mampu menjaga reputasi keuangan dengan baik. 

Reputasi yang baik memberikan peluang yang besar bagi pebisnis sehingga memperoleh pinjaman dari bank dan dapat memperluas kredit mereka. Sehingga hal tersebut dapat membantu pebisnis dalam memperluas operasi dan pertumbuhan bisnis.

Baca juga : Menjaga Cashflow Tetap Lancar Selama Bulan Ramadan

 

Cara Mendapatkan Layanan Invoice Financing

Layanan invoice financing dapat digunakan dengan cara, pebisnis harus mencari perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan ini. Beberapa bank dan lembaga keuangan telah menyediakan layanan ini, dan juga ada perusahaan pembiayaan khusus yang fokus pada pembiayaan faktur. 

Pebisnis harus mengetahui syarat dan ketentuan layanan, serta biaya dan bunga yang terkait dengan penggunaan layanan ini. Sehingga pebisnis dapat menggunakan layanan ini dengan mudah dan dapat memperlancar keuangan bisnisnya.

Biaya dan bunga terkait dengan penggunaan layanan ini biasanya berbeda antara satu perusahaan pembiayaan dengan yang lain. Anda perlu memperhatikan biaya dan bunga tersebut agar tidak terjebak dalam cicilan yang sulit dilunasi.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan juga apakah ada persyaratan tambahan seperti minimum volume transaksi atau minimum lama penggunaan layanan.

Setelah menemukan perusahaan pembiayaan yang cocok, bisnis perlu mengajukan aplikasi untuk menggunakan layanan invoice financing.

Proses aplikasi biasanya melibatkan proses verifikasi kredit dan proses persetujuan. Setelah aplikasi disetujui, bisnis dapat mulai menggunakan layanan ini dengan mengirimkan faktur ke perusahaan pembiayaan. Setelah faktur diterima, perusahaan pembiayaan akan membayar sebagian dari nilai faktur dan menanggung resiko pembayaran faktur.

 

Kesimpulan

Invoice financing adalah solusi yang bisamengatasipermasalahan keuangan arus kasbisnis Anda. Layanan ini dapat memberikan dana tunai kepada Anda dengan menjadikan faktur pelanggan sebagai jaminannya. Oleh karena itu, layanan ini dapat meningkatkan likuiditas bisnis Anda.

Layanan ini akan membantu Anda dalam mengumpulkan piutang pelanggan dan mengurangi resiko keuangan. Kemudian dapat membantu bisnis Anda dalam memperluas kredit dan kebutuhan bisnis.

Namun, Anda harus memperhatikan bunga yang diberikan setiap perusahaan membeli karena bunga yang diberikan tidak sama. Dengan memahami sistem kerja dan manfaat invoice financing ini, Anda dapat memberikan layanan ini sebagai solusi untukmengatasimasalaharus kas. 

PELATIHAN CASHFLOW MANAGEMET

1 Comment

  1. […] Baca juga : Mengatasi Masalah Cashflow dengan Invoice Financing […]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.